Saturday, October 11, 2014

Perilaku Konsumen

            Kali ini saya akan shared ilmu tentang prilaku konsumen yang saya dapat dari buku maupun ebook berbentuk pdf yang bisa juga kalian cari. Menurut saya ,bagi beberapa kalangan yang ingin memulai bisnis pertamanya, ilmu tentang perilaku konsumen sangatlah penting loh! Karena saat kita berbisnis bukan hanya bagaimana mendapatkan keuntungan saja, tetapi bagaimana kita mengetahui apa yang diinginkan konsumen atau bagaimana sih prilaku konsumen yang kita jadikan sasaran penjualan kita.
Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang terdiri dari tahap perolehan, tahap komsumsi dan tahap tindakan pasca beli.
Unit dalam pengambilan keputusan beli menurut kotler (1991) ada dua yaitu :
·         Konsumen individu yang membentuk pasar konsumen
·         Konsumen dalam satu kelompok atau organisasi yang membentuk pasar bisnis
Pendekatan perilaku konsumen sebagai disiplin ilmu :
1.      Pandangan Biologic
Pandangan yang berdasarkan fakta-fakta biologislah yang dianggap penting dalam menentukan siapa dan apa yang akan dilakukan oleh seorang individu. Segala yang dipikirkan dan dirasakan kemudian ditunjukan dalam bentuk perilaku tertentu. Semua itu dikendalikan oleh otak dan bagian lain dari tubuh manusia.
2.      Pandangan Intra Psychic
Pandangan ini berusaha menjelaskan bahwa proses mental lebih berperan penting dari pada proses biologis. Yang terpenting adalah tentang pemahaman “inside the individual’s mind… and the mind dominated most bodily activities”.
3.      Pandangan Socio-Behavioral
Pandangan ini mengemukakan bahwa penetahuan yang dipahami tentang apa yang telah dipelajari dari lingkungan sosialnyalah yang dapat menentukan tindakan atau emosi seseorang.

Dari pendekatan yang telah di jabarkan maka menurut Dra. Ristiyanti dan Prof. jhon (2004), bahwa pendekatan hollistik merupakan pendekatan yang paing tepat digunakan. Dimana persepsi haruslah dibentuk menggunakan ke tiga pandangan yang sudah di jabarkan di atas secara simultan.

Dalam bukunya Anwar Mangkunegara (2002) ada beberapa perilaku konsumen dari berbagai ahli, yang dapat diartikan sebagai kerangka kerja apa yang diinginkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli. Macam-macam model perilaku konsumen tersebut adalah
1.      The Howard and Sheth Model of Buyer Behavior
Model ini ditujukan untuk menjelaskan bagaimana konsumen membandingkan dan memilih suatu produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Model ini juga menunjukan suatu proses dan variable yang mempengaruhi perilaku konsumen sebelum dan sesudah terjadinya pembelian. Ada 3 variable utama yaitu proses pengamatan (info yang konsumen dapat tentang produk tsb.), proses pembelajaran (motifasi, pemahaman merek, confidence, dll), dan Sikap.
2.      Model Perilaku Konsumen Industri dari Sheth
Model ini merupakan model asli yang diaplikasikan untuk kelompok atau dalam suatu organisasi untuk mengambil suatu keputusan untuk membeli.
Keputusan ini diambil bila :
a.      Ada resiko yang cukup berat
b.      Pemakaian modal lebih besar daripada pembelian rutin
c.       Desakan waktu yang rendah
d.      Organisasii yang besar
e.      Organisasi yang disentralisasi
3.      Model Perilaku Konsumen Industri dari Engel, Kollat dan Blackwell
Komponen dasar dalam model ini adalah stimulus, proses informasi, proses pengambilan keputusan, variable proses pengambilan keputusan dan pengaruh lingkungan external.
4.      Model Perilaku Konsumen dari Kerby
Ada empat masalah yang berhubungan dengan model Kerby, yaitu:
a.      Faktor  manusia  dan  faktor  sosial  tidak  berhubungan satu dengan lainnya.
b.      Faktor  manusia  dan  faktor  sosial  tidak  ada  umpan baliknya.  Aktivitas  membeli  dipengaruhi  oleh  sikap, persepsi,  kepribadian,  dan  lingkungan  budaya  yang dibentuk  oleh  tingkat  kelas  sosial  dan  kelompok anutan.
c.       Faktor-faktor  dalam  model  kerby  tidak  memberikan aktivitas-aktivitas penting.
d.      Model  ini  bersifat  statis.  Hal  ini  didasarkan  atas kebutuhan  biologis  dan  perilaku  konsumen  terjadi karena adanya dorongan tersebut.
5.      Model Perilaku konsumen dari Francesco Nicosia
Pengambilan  keputusan  konsumen  dari  Nicosia  melibatkan firma. Firma akan mempengaruhi perilaku konsumen, dan sebaliknya. Model ini dibagi menjadi empat lapangan, yaitu :
Lapangan 1, meliputi arus berita dari firma kepada atau penyampaian  pesan, terdiri dari bagian 1  variabel-variabel dan sifat-sifat merk dan produk, factor lingkungannya, strategi pemasaran, saingan dan iklan, bagian 2 merupakan atribut konsumen dan juga merupakan predisposisi untuk terbentuknya sikap konsumen terhadap merk atau produk tertentu.
Lapangan 2 merupakan usaha pencarian informasi dan evaluasi informasi yang diterima mengenai produk.  
Lapangan 3 merupakan suatu keputusan membeli sebagai suatu pemilihan alternatif yang diambil.
Lapangan 4 merupakan penyimpanan kesan mengenai pengalaman terhadap suatu produk yang mengendap di dalam memori.


Referensi :
Dra. Ristiyanti Prasetjo, MBA dan Prof. Jhon J.O.I Ihalauw, Ph.D, 2004. Perilaku Konsumen. Andi. Yogyakarta
            Rini Dwiastuti, Agustina Shinta dan Riyanti Isaskar SP, M.Si, 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press. Malang.


No comments:

Post a Comment