Kali ini saya akan
shared ilmu tentang prilaku konsumen yang saya dapat dari buku maupun ebook
berbentuk pdf yang bisa juga kalian cari. Menurut saya ,bagi beberapa kalangan
yang ingin memulai bisnis pertamanya, ilmu tentang perilaku konsumen sangatlah
penting loh! Karena saat kita berbisnis bukan hanya bagaimana mendapatkan
keuntungan saja, tetapi bagaimana kita mengetahui apa yang diinginkan konsumen
atau bagaimana sih prilaku konsumen yang kita jadikan sasaran penjualan kita.
Perilaku konsumen merupakan
suatu proses yang terdiri dari tahap perolehan, tahap komsumsi dan tahap
tindakan pasca beli.
Unit dalam pengambilan keputusan beli menurut kotler (1991)
ada dua yaitu :
·
Konsumen individu yang membentuk pasar konsumen
·
Konsumen dalam satu kelompok atau organisasi yang
membentuk pasar bisnis
Pendekatan
perilaku konsumen sebagai disiplin ilmu :
1.
Pandangan
Biologic
Pandangan
yang berdasarkan fakta-fakta biologislah yang dianggap penting dalam menentukan
siapa dan apa yang akan dilakukan oleh seorang individu. Segala yang dipikirkan
dan dirasakan kemudian ditunjukan dalam bentuk perilaku tertentu. Semua itu
dikendalikan oleh otak dan bagian lain dari tubuh manusia.
2.
Pandangan
Intra Psychic
Pandangan
ini berusaha menjelaskan bahwa proses mental lebih berperan penting dari pada
proses biologis. Yang terpenting adalah tentang pemahaman “inside the
individual’s mind… and the mind dominated most bodily activities”.
3.
Pandangan
Socio-Behavioral
Pandangan
ini mengemukakan bahwa penetahuan yang dipahami tentang apa yang telah
dipelajari dari lingkungan sosialnyalah yang dapat menentukan tindakan atau
emosi seseorang.
Dari pendekatan
yang telah di jabarkan maka menurut Dra. Ristiyanti dan Prof. jhon (2004),
bahwa pendekatan hollistik merupakan pendekatan yang paing tepat digunakan. Dimana
persepsi haruslah dibentuk menggunakan ke tiga pandangan yang sudah di jabarkan
di atas secara simultan.
Dalam bukunya Anwar Mangkunegara (2002) ada beberapa perilaku
konsumen dari berbagai ahli, yang dapat diartikan sebagai kerangka kerja apa
yang diinginkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli. Macam-macam model perilaku konsumen
tersebut adalah
1.
The Howard and Sheth Model of Buyer
Behavior
Model
ini ditujukan untuk menjelaskan bagaimana konsumen membandingkan dan memilih
suatu produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Model ini juga menunjukan suatu proses
dan variable yang mempengaruhi perilaku konsumen sebelum dan sesudah terjadinya
pembelian. Ada 3 variable utama yaitu proses pengamatan (info yang konsumen
dapat tentang produk tsb.), proses pembelajaran (motifasi, pemahaman merek,
confidence, dll), dan Sikap.
2.
Model Perilaku Konsumen Industri
dari Sheth
Model
ini merupakan model asli yang diaplikasikan untuk kelompok atau dalam suatu
organisasi untuk mengambil suatu keputusan untuk membeli.
Keputusan
ini diambil bila :
a. Ada resiko
yang cukup berat
b. Pemakaian modal
lebih besar daripada pembelian rutin
c. Desakan waktu
yang rendah
d. Organisasii
yang besar
e. Organisasi yang
disentralisasi
3.
Model Perilaku Konsumen Industri
dari Engel, Kollat dan Blackwell
Komponen
dasar dalam model ini adalah stimulus, proses informasi, proses pengambilan keputusan,
variable proses pengambilan keputusan dan pengaruh lingkungan external.
4.
Model Perilaku Konsumen dari Kerby
Ada
empat masalah yang berhubungan dengan model Kerby, yaitu:
a. Faktor manusia
dan faktor sosial
tidak berhubungan satu dengan
lainnya.
b. Faktor manusia
dan faktor sosial
tidak ada umpan baliknya. Aktivitas
membeli dipengaruhi oleh
sikap, persepsi,
kepribadian, dan lingkungan
budaya yang dibentuk oleh
tingkat kelas sosial
dan kelompok anutan.
c. Faktor-faktor
dalam
model kerby tidak
memberikan aktivitas-aktivitas penting.
d. Model ini
bersifat statis. Hal
ini didasarkan atas kebutuhan biologis
dan perilaku konsumen
terjadi karena adanya dorongan tersebut.
5.
Model Perilaku konsumen dari
Francesco Nicosia
Pengambilan keputusan
konsumen dari Nicosia
melibatkan firma. Firma akan mempengaruhi perilaku konsumen, dan sebaliknya.
Model ini dibagi menjadi empat lapangan, yaitu :
Lapangan 1, meliputi arus berita dari firma kepada atau penyampaian pesan, terdiri dari bagian 1 variabel-variabel dan sifat-sifat merk dan
produk, factor lingkungannya, strategi pemasaran, saingan dan iklan, bagian 2
merupakan atribut konsumen dan juga merupakan predisposisi untuk terbentuknya sikap
konsumen terhadap merk atau produk tertentu.
Lapangan 2 merupakan usaha pencarian informasi dan evaluasi
informasi yang diterima mengenai produk.
Lapangan 3 merupakan suatu keputusan membeli sebagai suatu
pemilihan alternatif yang diambil.
Lapangan 4 merupakan penyimpanan kesan mengenai pengalaman
terhadap suatu produk yang mengendap di dalam memori.
Referensi :
Dra.
Ristiyanti Prasetjo, MBA dan Prof. Jhon J.O.I Ihalauw, Ph.D, 2004. Perilaku Konsumen. Andi. Yogyakarta
Rini
Dwiastuti, Agustina Shinta dan Riyanti Isaskar SP, M.Si, 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Universitas
Brawijaya Press. Malang.
No comments:
Post a Comment