Monday, October 5, 2020

Daftar Kartu PRAKERJA

Woah sudah lama banget sejak terakhir posting, jujur ini website tadinya untuk ngerjain tugas softskill kuliah di Gundarama. Kebanyakan gitu juga ga sih kalian yang lagi mampir nih

Kali ini aku mau sharing tentang pengalaman aku memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah untuk para pekerja yang haus akan skill baru.

Jujur ya, aku termasuk orang yang dulu suka banget belajar hal baru, terutama tentang copywriting, website, SEO, digital marketing, dll. Klo mau cerita dari awal, untuk belajar semua itu dulu aku musti cari website edukasi luar negri, seperti Udemy.com dan open2study.com

Untuk pengalamanku kursus di website tersebut akan aku share di postingan selanjutnya ya J

Balik lagi ketopik awal, setelah aku nyoba kartu prakerja, ternyata mulai banyak loh website kursus online dari indonesia yang pengajarnya pun dari indonesia, jadi aku secara pribadi jadi mudah paham tentang topik pelajaran yang lagi di bicarakan.

Nah buat yang mau ikutan juga, kartu prakerja ini selain dapat insentif @Rp 600.000 tiap bulannya selama 4 bulan, ada manfaat yang lain lagi loh.

  • Kalian bisa dapat ilmu baru yang lebih teknikal, bukan teori seperti yang di ajarkan di sekolah.
  • Sertifikat yang kalian dapat bisa di gunakan untuk melamar kerja.
  • Dari salah satu penyedia kursus online ga jarang mereka juga mengadakan event khusus untuk anggotanya yang sudah belajar di tempat mereka untuk bisa masuk ke pelatihan membuat CV yang baik dan mengadapi wawancara saat memasuki dunia kerja. Salah satu yang aku tau, adalah SkillAcademy, informasi terkait pelatihan ini bisa kalian liat di halaman Facebook mereka. Untuk pembahasan mengenai hal ini akan aku share ya di postingan selanjutnya. Karena aku ngerasa ini perlu banget dibahas lebih dalam dan mendetail, untuk pertanyaan bisa kamu tulis di kolom komentar.

Yuk simak gimana cara daftar, sampai memiliki kartu prakerja dan mengakses kursus serta dapat insentif dari pemerintah.

Tampilan Website Kartu Prakerja

Nah ini nih tampilan awal https://www.prakerja.go.id/  nah kamu bisa klik "Daftar Sekarang" pada menu ini kamu bisa daftarkan diri kamu, yang dibutuhkan saat mendaftar ini adalah

  • Alamat email aktif = alamat email ini nanti untuk mengirimkan aktifasi, trus kalo kalian lupa email nanti untuk reset passwordnya dari email ini
  • Password = kamu akan diminta untuk 2x isi password yang sama. Kenapa sama? karena pasword kedua untuk mengkonfirmasi kebenaran password yang kamu masukan di awal
  • Saat semua sudah di isi, jangan lupa untuk √ dibagian bertuliskan "Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku."
Setelah mendaftar, kamu bisa cek inbox email kamu dan segera klik 

Selanjutnya setelah kamu klik "Verifikasi Email Sekarang", kamu akan di bawa ke halaman baru
 

Kamu akan diminta mengisi beberapa data berikut : 
** note : untuk kamu yang ga punya rekening BNI, pastikan nomor HP yang kalian daftarkan ini terhubung di akun Gopay, Ovo atau Linkaja dengan data yang sesuai dengan data asli kamu di KTP. Terutama untuk Nama dan sudah terverifikasi akun premium (klo Gopay akun Gopay Plus). karena kalo ga sama ini akan mempersulit cairnya insentif.

Proses pendaftaran ini belum selesai guys 😃
Pendaftaran ini hanya untuk mandaftarkan akun kamu di website prakerja, kamu harus menunggu gelombang yang dibuka dari kementrian ketenaga kerjaan dan kamu harus mendaftar saat gelombang tersebut di buka. (klo bisa harus cepat ya mendaftarnya, maka saran saya sebaiknya bikin akun dulu baru nnti saat ada gelombang kalian bisa langsung daftar ga perlu repot dan berlama-lama)

Next akan saya jelaskan bagaimana menautkan nomor rekening Gopay ke kartu prakerja untuk mandapatkan insentif

No comments:

Post a Comment